Papua- Antusiasme yang sangat tinggi bagi masyarakat Papua untuk menempuh pendidikan tinggi di Jawa khusunya di Kota Malang sangat tinggi. Terlihat dari proses seleksi ketat yang dilakukan PT. Freeport Indonesia yang didampingi oleh Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro pada putra-putri daerah Papua baik dari daerah pedalaman maupun daerah perkotaan. Seleksi dilakukan terlebih dahulu oleh LPMAK secara bertahap sebelum pihak UM melaksanakan seleksi.

Hasil seleksi dari pihak LPMAK kemudian dilanjutkan seleksi dari pihak UM dengan 2 tahap yaitu seleksi tulis dan wawancara. Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama Universitas Negeri Malang, Bapak Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd turut langsung mengawal pelaksanaan seleksi calon mahasiswa baru jalur kerjasama antara UM dan LPMAK bersama Staf Tenaga Pendidik, LP3 UM, dan Staf Tenaga Kependidikan.

Seleksi tersebut menghasilkan 20 orang calon mahasiswa baru yang nantinya akan melaksanakan proses administrasi dan legalisasi di UM sebelum memulai perkuliahan. Dalam proses perkuliahan yang akan dilaksanakan calon mahasiswa tersebut, perihal biaya hidup, biaya perkuliahan, dan biaya tempat tinggal, serta asuransi kesehatan dan transportasi sepenuhnya ditanggung oleh PT. Freeport yang dinaungi LPMAK.

Diharapkan, dengan adanya kerjasama antara UM dan LPMAK serta supportĀ yang besar dari PT. Freeport Indonesia, putra-putri Papua dapat mengembangkan potensi akademik dan menjadi pembaharuan serta memajukan daerahnya kelak.

 

.Biy_

Pelaksanaan Seleksi Calon Mahasiswa Baru Jalur Kerjasama UM dan LPMAK
Tagged on:                                     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *