Cuaca cerah dan tebar senyum silaturahmi melebur rukun di Aula Graha Rektorat UM pada 21 Maret 2019 pagi itu. Para cendekiawan muda dan seniornya saling bercakap dan berbagi ilmu pengalaman.

Kala itu, para orang hebat dari dua Perguruan Tinggi bersatu padu menyamakan tujuan untuk menciptakan karya cipta penuh ilmu dan berbumbu modernisasi.

TUTON… itulah tajuk yang digadang-gadang pada waktu itu.

Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Terbuka (UT) saling mencampur ilmu dalam kegiatan workshop yang digelar selama dua hari yakni 21-22 Maret 2019 dengan tema “Penyamaan Persepsi Pengembangan Bahan Tutorial Online (Tuton) dan Bahan Ujian (BU) Kerjasama Universitas Negeri Malang (UM) dengan Universitas Terbuka (UT)”

 

Apa itu TUTON?

Tuton (Tutorial Online) merupakan sebuah gagasan yang akan segera dirilis oleh pihak UT untuk dishare dan di pergunakan secara maksimal di seluruh UT di Indonesia. Berbahan baku ilmu-ilmu pengetahuan dan materi pembelajaran dari para pakar pendidikan, dikumpulkan menjadi satu menjadi Tuton.

Workshop dibuka dengan penyempaian rounddown dan laporan kegiatan dari panitia kemudian dilanjutkan oleh wakil dari UT yakni Dekan FKIP Universitas Terbuka Prof. Drs. Udan Kusmawan, M.A., Ph.D yang menyampaikan tata cara penyusunan Tuton dan BU, kendala yang akan dihadapi dan harus dicari jalan keluarnya, serta alur tujuan pemanfaatan Tuton dan BU tersebut. Beliau melanjutkan bahwa di UT dosen dan mahasiswa memiliki kendala pertemuan dalam perkuliahan, hal inilah yang menjadi dasar diciptakannya Tuton dan BU. Diusahakan tutorial online disusun dalam standard nasional agar dapat dipegunakan di seluruh UT se Indonesia.

Wakil Rektor II UM Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd menyambut dengan penuh semangat gagasan yang dihaturkan dari UT. “Pucuk dicinta ulampun tiba”Ucap Beliau. UM sendiri dalam waktu ini juga memiliki misi dan gencar dalam penyusunan dan pengembangan proses pembelajaran secara online, sehingga sesuai dengan program UT yaitu Penyamaan Persepsi Pengembangan Bahan Tutorial Online (Tuton) dan Bahan Ujian (BU).

Wakil Rektor II UM yang kali ini menggantikan peran Rektor dalam memandu workshop Penyamaan Persepsi Pengembangan Bahan Tutorial Online (Tuton) dan Bahan Ujian (BU) menyampaikan terimakasih kepada pihak UT karena dosen-dosen UM dilibatkan dalam penyusunan Tuton dan BU.

Kegiatan ini digelar dengan melibatkan dosen UM dari 4 Fakultas yaitu Fakultas Sastra, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Ilmu Sosial.

_Biy.

 

 

The Power Of TUTON
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *